Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

JUAL BELI LIBERTY


web counter

Sedikit mengupas tentang MLM…

Diposting oleh Unknown 5/28/2013


STIFORP bekerja dalam jaringan / Networking, lazimnya orang bilang Multi Level Marketing (MLM) atau Member Get Member (MGM)

ANDA alergi dengan MLM..?? 
Memang umumnya orang termasuk saya sebelum ini alergi bahkan sangat benci mendengar istilah MLM, tapi setelah didalami lebih jauh dan mencari refrensi dari berbagai sumber ternyata MLM itu tidak semuanya buruk, bahkan umumnya MLM yang terlihat buruk karena ulah pelaku dalam MLM itu sendiri, misalnya produk jelek dibilang bagus, markup harga berlebihan, Upline sukses Downline merana dan lain-lain.

Sejatinya semua orang semenjak mulai berinteraksi dengan orang lain sadar atau tidak sadar telah melakukan kegiatan MLM, bedanya ada yang dibayar dan sebagian besar tidak. Umumnya celaan terhadap MLM datang dari orang-orang yang tidak dibayar ini, yang tau kulitnya saja.
Contoh : si A makan dirumah makan Padang, dia terkesan dengan kelezatan makan disana, lalu si A bercerita kepada si B, si B cerita kepada si C dan seterusnya. Pada akhirnya A, B, C dan seterusnya ikut makan di Rumah Makan yang sama. Pemilik Rumah Makan mendapat keuntungan karena cerita sambung-bersambung yang berawal dari si A tadi, tapi si A tidak mendapat kompensasi apa-apa dari Pemilik Rumah Makan karena memang tidak ada konsesus sebelumnya, padahal sangat wajar si A, B, C dan seterusnya mendapatkan sedikit benefit dari Pemilik Rumah Makan atas "aktivitas MLM" yang sengaja atau tanpa sengaja telah mereka lakukan.

Dalam berbisnis disinilah sebenarnya beda MLM dengan konvensional. MLM ada ikatan / konsesus dengan pemilik barang yang dipasarkan, jadi kenapa kita musti alergi / benci dengan sistim MLM ini. Demikian pula dengan istilah Money Game, bukankah semua kegiatan yang melibatkan uang adalah Money Game, bedanya ada yang transparan dan suka sama suka / bukan karena terpaksa (halal) dan ada yang tipu menipu (haram).  Yang pasti haram itu menurut saya Ponzy karena ini jelas hanya menguntungkan sebagian orang yang umumnya adalah Pengelola dan Pendahulu / senior dalam sebuah jaringan MLM.

Apakah MLM haram, menurut saya bisa ya bisa tidak bergantung pada cara pengelolaannya sepanjang transparan dan akuntabel  itu tidaklah haram, apalagi membawa keberkahan bagi banyak orang tanpa merugikan pihak lain. Tapi jika ada yang ditutup-tutupi dan menguntungkan Pengelola saja / sebagian kecil Member  disinilah bisa dikatakan haram. Pendeknya saya melihat ada kemiripan MLM dengan sedekah jariyah, kita terus mendapatkan keuntungan ketika orang lain memanfaatkan sesuatu yang awalnya berdasarkan upaya / rekomendasi kita.

Ok….Are You Ready…  ?!    Join Stiforp Now…!!!

Sumber : http://webstiforp.blogspot.com/p/m-l-m.html

0 komentar

Posting Komentar

Please give comments related to existing articles.
Comments that leads to action or netted spam will be deleted automatically by the spam filter

Translate

Search This Blog

My Blog List

Popular Posts

Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates